Perbedaan Restoran Fine Dining dan Restoran Biasa

Perbedaan Restoran Fine Dining dan Restoran Biasa, yuk simak artikel berikut, kehadiran restoran berkonsep fine dining di Indonesia memang sudah banyak. Ada puluhan hingga ratusan restoran fine dining yang tersebar di kota-kota besar, seperti Jakarta, Denpasar, Surabaya, hingga Bandung. Mereka berlomba-lomba menghadirkan berbagai pelayanan terbaik, dari mulai rasa masakan, teknik masak, detail kecil, hingga atmosfer restoran.

Sayangnya, tak sedikit orang menyangka kalau restoran Fine Dining dan restoran biasa memiliki konsep yang sama. Padahal jika diperhatikan, keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas. Dikutip dari Insider, fine dining merupakan restoran yang memiliki konsep mewah dan berkelas yang mengutamakan pelayanan terhadap tamunya. Para  koki di restoran ini biasanya adalah koki profesional yang terlatih belasan hingga puluhan tahun di bidangnya.

Tak hanya menawarkan pelayanan mewah, di sini kamu juga akan mencicipi sederet hidangan dari makanan pembuka hingga makanan penutup. Berbeda dengan restoran pada umumnya, menu-menu yang yang disajikan biasanya dalam porsi yang sangat sedikit.

Salah satu ciri khas lain yang membedakan fine dining dengan restoran biasa adalah para pelayannya yang mengenakan pakaian serba rapi, sehingga jika berkunjung ke fine dining kamu harus mengenakan pakaian yang rapi juga.

Saat berkunjung ke fine dining, ada baiknya mengecek dress code yang dianjurkan. Soalnya ada beberapa aturan tak tertulis mengenai cara pengunjung berpakaian maupun bersikap di restoran fine dining, seperti tidak boleh mengenakan jeans atau celana pendek.

Jika kamu mengunjungi restoran biasa, mungkin kamu tak perlu untuk melakukan reservasi terlebih dahulu. Reservasi itu bisa kamu lakukan melalui berbagai platform, seperti via situs resmi atau situs booking ternama.

Nah, saat kamu sudah mencoba reservasi melalui berbagai cara itu tapi ditolak, sebaiknya kamu mencari cara melalui jalur lain. Biasanya restoran tidak menginformasikan semua ketersediaan tempat melalui platform online tersebut, coba telepon. Cara ini umumnya berhasil.

Jadi, restoran fine dining memiliki konsep yang identik dengan makan malam dan juga suasana romantis. Makanya tak heran, banyak yang menjadikan fine dining sebagai tempat dinner yang cocok untuk merayakan anniversary atau sekadar berkencan bersama pasangan.

Kalau di luar negri, fine dining merupakan makan untuk perjamuan bisnis atau bersosialisasi dengan sosialita atau bisa juga diartikan makan dengan kolega mitra kerja atau dengan staff di sebuah perusahaan. Pasti dong kalian gak mau malu-maluin di meja makan. Pakaian necis, kolega-kolega kece, tata makan juga harus dijaga yaaa supaya tidak belepotan.

Sebelum menghadiri undangan acara makan, mending kamu makan dulu di sore hari antara jam 5-6 sore atau hal ini sering disebut sebagai hidangan supper.  Karena makanan fine dining itu biasanya menunya sedikit dan terkendala oleh etika makan yang gak semua orang bisa menikmati. Tetapi, untuk restauran di Indonesia, biasanya porsi sudah disesuaikan, sehingga walaupun kamu nggak mkan dulu di sore hari, kamu bisa tetap kenyang dan menikmati jamuan makan malam.

Biasanya hidangannya diawali dengan appetizer atau makanan pembuka, ini bisa berupa sajian panas ataupun sajian dingin. Sup merupakan salah satu jenis Hot Appetizer. Lalu, aduklah sup itu perlahan dan pastikan posisinya tetap diatas meja.

Selain itu jangan sesekali menuip sup-nya, Gunakan sendok sup yang sudah disediakan, biasanya lebih kecil. Sedangkan, Cold appetizer bisa berupa salad, sudah familiar pasti yaa. Nah kali ini, ambil garpu di tangan kiri dan pisau di tangan kanan, sekali lagi pilihlah alat makan yang disediakan, biasanya lebih kecil dari alat makan hidangan utama, demikian ulasan artkel tentang restoran Fine Dining, semoga bermanfaat terimakasih. Untuk informasi menarik lainnya silahkan kunjungi meritagetherestaurant.com